Salah satu andalan Kawasaki di kelas Dual Purpose adalah Versys 650. Nah, sekarang motor 650 cc ini punya kakak yaitu Versys 1000. Kapasitas mesinnya lebih gambot, desainnya juga lebih kokoh.
Uniknya, motor ini menggunakan platform yang sama dengan Kawasaki Z1000 dan Z1000SX. Mesinnya menggunakan 1.043 cc empat silinder segaris. Tapi tentunya Kawasaki telah melakukan serangkaian perubahan sesuai peruntukan motor ini.
Kompresi ruang pada Versys 1000 dibuat lebih rendah, dari 11,8:1 jadi 10,3:1. Profil camshaft juga diubah, karakternya dibuat galak di putaran bawah, beda dengan Z1000 yang justru nikmat di rpm tinggi.
Gear ratio-pada motor ini juga dibenahi, Kawasaki memberikan gigi 1 dan 2 yang lebih pendek sehingga lebih agresif. Sedang gigi dibuat lebih panjang agar konsumsi bahan bakar ketika berjalan konstan bisa lebih hemat.
Menariknya, motor ini punya dua pilihan mode untuk powernya. Full dan low power mode. Pada kondisi low power hanya 75 persen tenaga yang didistribusikan, hasilnya lebih halus dan lebih mudah dikendalikan. Selain itu, dibekali juga dengan KTRC (Kawasaki TRaction Control).
Beralih ke desainnya, meski tampangnya lebih besar dari Z1000, tapi Versys 1000 ini hanya lebih berat beberapa kilogram saja. Bentuk bodinya khas motor penjelajah, jadi ingat Yamaha Super Tenere kan!
Fairing setengah dengan windshield tinggi dan lampu utama berukuran besar. Jok rendah dan lebar menawarkan kenyamanan berkendara, maklum motor ini memang diperuntukan untuk mereka yang suka jalan jauh. Badan bisa pegal linu kalau enggak nyaman.
Di Inggris varian ini dilepas 9.499 Poundsterling atau setara dengan Rp 136 jutaan. Lebih mahal dari Versys 650 yang hanya 6.899 Pounsterling atau sekitar Rp 99 juta. (motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar